Sabtu, 18 Maret 2017

Pendekatan Pembelajaran Generatif



Kata Kunci :Pemahaman Matematik, dan Pembelajaran Generatif


Pembelajaran dengan dasar pandangan konstruktivisme dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam model pembelajaran, salah satunya yaitu model pembelajaran generatif. Model pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran berbasis konstruktivisme, yang lebih menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya.
Model pembelajaran generatif terdiri dari lima tahapan, yaitu orientasi, pengungkapan ide, tantangan dan restrukturisasi, penerapan, dan melihat kembali. Tahapan-tahapan dalam pembelajaran generatif ini menuntut siswa untuk aktif dalam mengkonstruksi pengetahuannya. Selain itu, siswa juga diberi kebebasan untuk mengungkapkan ide dan alasan terhadap permasalahan yang diberikan sehingga siswa akan lebih memahami pengetahuan yang dibentuknya sendiri dan proses pembelajaran yang dilakukan akan lebih optimal.

Pembelajaran Generatif merupakan terjemahan dari Generative Learning (GL).Model pembelajaran generatif adalah salah satu model pembelajaran yang berlandaskan pada pandangan konstruktivisme, dengan asumsi dasar bahwa pengetahuan dibangun dalam pikiran siswa.
Model pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang.
Dalam menggunakan model pembelajaran ini terdapat 5 tahapan pembelajaran, yaitu:
1.      Tahap Orientasi
2.      Tahap pengungkapan ide
3.      Tahap Tantangan dan restrukturisasi
4.      Tahap Penerapan
5.      Tahap mengulang kembali
Melalui pembelajaran generatif, diharapkan perilaku siswa yang pada mulanya bersifat pasif menjadi aktif, baik aktif dalam bertanya, menyampaikan pendapat, serta bekerjasama dengan siswa lainnya.

Langkah-langkah Penerapan Model Pembelajaran Generatif

Tahapan
Pembelajaran Generatif
Tahap Orientasi
a. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
b.      Guru menjelaskan tentang penggunaan model pembelajaran generatif terhadap materi yang akan diajarkan
c.  Tes awal berupa pre test dilakukan untuk mengetahui konsepsi awal siswa sebelum pembelajaran.
Tahap pengungkapan ide
a.     Guru memberikan pertanyaan terhadap materi yang akan diajarkan, yang sesuai dengan fenomena yang terjadi disekitar lingkungan siswa.
b.   Siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan ide yang ketahuinya.
c.    Setiap respon siswa diberikan reward oleh guru dengan tidak memperhatikan benar atau salah.
Tahap Tantangan dan restrukturisasi
a.    Guru menunjukkan media gambar yang berkaitan dengan materi ajar barupa lima gambar sebuah bangun baik ruang maupun datar.
b.  Siswa memberikan respon terhadap gambar yang ditunjukkan oleh guru.
c.       Guru memberikan reward terhadap respon siswa.
d.      Guru memberikkan koreksi terhadap respon siswa.
Tahap Penerapan
a.     Guru mengelompokkan siswa kedalam beberapa kelompok.
b.      Guru membagikan lembar kerja siswa(LKS) kepada setiap kelompok dan menjelaskan petunjuk pengerjaannya.
c.     Siswa yang telas dikelompokkan dan mengerjakan tugas LKS dengan berdiskusi bersama kelompok masing-masing untuk membentuk konsepsi baru.
Tahap Pengulangan kembali
a.     Guru memperjelas kembali materi yang telah dibahas dan siswa dap mengevaluasi konsep baru yang telah dikembangkan.
b.      Tes terakhir berupa post test dilakukan untuk mengetahui konsepsi akhir siswa.
c.    Guru menyuruh siswa lebih memperdalam materi yang diajarkan dengn belajar dirumah melihat fenomena dilingkungan sekitar siswa.


Sumber: Mulyana, Diat. (2014). Penerapan Pendekatan Generatif terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMA. Skripsi STKIP Siliwangi. Bandung: Tidak diterbitkan
 

0 komentar:

Posting Komentar