Kata Kunci :Pemahaman Matematik, dan Pembelajaran Generatif
Pembelajaran dengan dasar pandangan
konstruktivisme dapat dilaksanakan dengan menggunakan berbagai macam model
pembelajaran, salah satunya yaitu model pembelajaran generatif. Model pembelajaran generatif
merupakan suatu model pembelajaran berbasis konstruktivisme, yang lebih
menekankan pada pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan
menggunakan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa sebelumnya.
Model pembelajaran generatif terdiri dari lima tahapan,
yaitu orientasi, pengungkapan ide, tantangan dan restrukturisasi, penerapan,
dan melihat kembali. Tahapan-tahapan dalam pembelajaran generatif ini menuntut siswa untuk aktif dalam mengkonstruksi
pengetahuannya. Selain itu, siswa juga diberi kebebasan untuk mengungkapkan ide
dan alasan terhadap permasalahan yang diberikan sehingga siswa akan lebih
memahami pengetahuan yang dibentuknya sendiri dan proses pembelajaran yang
dilakukan akan lebih optimal.
Pembelajaran
Generatif merupakan terjemahan dari Generative
Learning (GL).Model pembelajaran generatif
adalah salah satu model pembelajaran yang berlandaskan pada pandangan
konstruktivisme, dengan asumsi dasar bahwa pengetahuan dibangun dalam pikiran
siswa.
Model pembelajaran generatif merupakan suatu model pembelajaran yang menekankan pada
pengintegrasian secara aktif pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan
yang sudah dimiliki siswa sebelumnya. Pengetahuan baru itu akan diuji dengan
cara menggunakannya dalam menjawab persoalan atau gejala yang terkait. Jika
pengetahuan baru itu berhasil menjawab permasalahan yang dihadapi, maka
pengetahuan baru itu akan disimpan dalam memori jangka panjang.
Dalam
menggunakan model pembelajaran ini terdapat 5 tahapan pembelajaran, yaitu:
1. Tahap Orientasi
2. Tahap pengungkapan ide
3. Tahap Tantangan dan restrukturisasi
4. Tahap Penerapan
5. Tahap mengulang kembali
Melalui pembelajaran generatif, diharapkan perilaku siswa yang pada mulanya bersifat pasif menjadi aktif, baik aktif dalam bertanya,
menyampaikan pendapat, serta bekerjasama dengan siswa lainnya.
Langkah-langkah Penerapan Model
Pembelajaran Generatif
Tahapan
|
Pembelajaran Generatif
|
Tahap Orientasi
|
a. Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan
pembelajaran
b. Guru menjelaskan tentang penggunaan model
pembelajaran generatif terhadap
materi yang akan diajarkan
c. Tes awal berupa pre test dilakukan untuk mengetahui
konsepsi awal siswa sebelum pembelajaran.
|
Tahap pengungkapan ide
|
a. Guru memberikan pertanyaan terhadap materi yang akan
diajarkan, yang sesuai dengan fenomena yang terjadi disekitar lingkungan
siswa.
b. Siswa diberikan kesempatan untuk mengungkapkan ide
yang ketahuinya.
c. Setiap respon siswa diberikan reward oleh guru
dengan tidak memperhatikan benar atau salah.
|
Tahap Tantangan dan
restrukturisasi
|
a. Guru menunjukkan
media gambar yang berkaitan dengan materi ajar barupa lima gambar sebuah
bangun baik ruang maupun datar.
b. Siswa memberikan respon terhadap gambar yang
ditunjukkan oleh guru.
c. Guru memberikan reward terhadap respon siswa.
d. Guru memberikkan koreksi terhadap respon siswa.
|
Tahap Penerapan
|
a. Guru mengelompokkan siswa kedalam beberapa kelompok.
b. Guru membagikan lembar kerja siswa(LKS) kepada
setiap kelompok dan menjelaskan petunjuk pengerjaannya.
c. Siswa yang telas dikelompokkan dan mengerjakan tugas
LKS dengan berdiskusi bersama kelompok masing-masing untuk membentuk konsepsi
baru.
|
Tahap Pengulangan kembali
|
a. Guru memperjelas kembali materi yang telah dibahas
dan siswa dap mengevaluasi konsep baru yang telah dikembangkan.
b. Tes terakhir berupa post test dilakukan untuk
mengetahui konsepsi akhir siswa.
c. Guru menyuruh siswa lebih memperdalam materi yang
diajarkan dengn belajar dirumah melihat fenomena dilingkungan sekitar siswa.
|
Sumber: Mulyana, Diat. (2014). Penerapan Pendekatan Generatif terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa SMA. Skripsi STKIP Siliwangi. Bandung: Tidak diterbitkan
0 komentar:
Posting Komentar